3 Cara Mengatasi Laptop Lemot. Cukup Upgrade Ini!

MonoGenez.com РLaptop sekarang ini memiliki banyak fungsi. Bisa kita gunakan untuk perkerjaan. Dapat juga kita gunakan sebagai alat hiburan. Kali ini akan kita bahas 3 Cara Mengatasi Laptop Lemot pada laptop yang jadul.

Ada banyak faktor kenapa laptop mulai lemot. Salah satunya adalah karena sudah berumur. Maka ada komponen yang sudah mendekati masa pakainya.

Terkadang laptop lemot membuat kita frustasi. Karena bisa memakan waktu dan mengganggu pekerjaan kita. Inilah cara agar laptop tidak lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot?

Bersihkan Laptop

Cara agar laptop tidak lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot yang pertama adalah bersihkan saja. Seiring penggunaan maka debu-debu akan masuk. Apalagi jika sobat menggunakannya di atas kasur. Atau di tempat yang sirkulasi udaranya tidak baik.

Kotororan-kotoran yang terhisap tidak dapat keluar ke exhaust. Debu yang menumpuk dapat mengurangi performa kipas. Jika performa kipas tidak bisa maksimal. Maka suhu laptop akan sangat tinggi.

Sehingga laptop menjadi lemot. Cara agar laptop tidak lemot jangan lupa memberikan pasta baru. Thermal paste juga memiliki fungsi untuk menjaga suhu laptop.

Pada laptop yang sudah lama. Biasanya termal pastanya akan berkerak. Sehingga tidak bisa menyalurkan panas dengan baik.

Biasanya kedua hal ini memang dilakukan secara bersamaan. Cukup lakukan pembersihan laptop selama 3 bulan sekali. Jika perlu ganti pasta termalnya jika sudah tidak baik kondisinya.

Upgrade ke SSD

cara upgrade ssd laptop

Cara mengatasi laptop lemot adalah upgrade penyimpanan. Apalagi jika storage laptop sobat masih menggunakan harddisk. Seperti yang kita tahu, harddisk memiliki usia pakai. Lama kelamaan, tingkat kesehatan hardisk akan menurun.

Jika sudah menurun maka performanya juga akan menurun. Kemungkinan terburuknya adalah membuat semua data sobat hilang.

Untuk itu ada baiknya sobat upgrade storage laptop dengan SSD. Karena SSD (Solid State Drive) memiliki kecepatan 10x lebih baik.

Apalagi jika sobat menemui masalah laptop lama loading saat dihidupkan. Menggunakan SSD bisa menjadi solusi yang mujarab.

Cara upgrade ssd laptop?

Caranya cukup beragam nih sob. Namun, rata-rata sobat perlu membeli SSD dan hardisk caddy. Dengan mengorbankan DVD drive yang ada pada laptop sobat.

Namun, kelebihannya sobat bisa memiiliki dua storage. SSD untuk instal windows dan aplikasi. Sehingga laptop lama loading saat dihidupkan. Sedangkan hardisk-nya untuk penyimpanan file.

Namun jika sobat tidak mau mengorbankan DVD drive. Sobat bisa membeli SSD dengan ukurang yang besar. Sehingga bisa digunakan untuk instalasi aplikasi dan penyimpanan.

BACA JUGA :

Upgrade RAM Laptop

upgrade ram laptop

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah upgrade RAM. RAM sendiri sangat berguna untuk multitasking. Jadi dengan upgrade RAM laptop sobat. Bisa membuka aplikasi lebih banyak secara bersamaan.

Apalagi banyak aplikasi sekarang yang memakan banyak RAM. Cara upgrade RAM laptop juga cukup mudah. Karena kebanyakan laptop memiliki satu slot RAM yang kosong.

Sehingga tinggal belikan lagi RAM dengan spesifikasi yang sama. Baik secara kecepatan ataupun ukuran. Sedangkan untuk merek tidak harus sama.

Agar lebih mudah. Sobat bisa membeli RAM laptop di Shopee. Ada sangat beragam jenis dan merek. Tentunya dengan harga yang variatif. Sesuai dengan budget sobat.

Beli RAM Laptop di Shopee [KLIK]

So itulah 3 cara mengatasi laptop lemot. Mungkin masalah laptop lama loading saat dihidupkan juga dapat selesai. Semuanya juga bisa sobat lakukan satu per satu. – MonoGenez.com

Simak artikel terbaru :

Share: