3 Jenis Investasi Untuk Anak Muda. Investasi Dengan Compound Interest

MonoGenez.com – Investasi memiliki beragam jenis dan tujuanya. Berbeda tujuan maka rekomendasi investasinya juga berbeda. Kali ini akan kita bahas Jenis Investasi Untuk Anak Muda.

Anak muda biasanya kemampuan investasinya masih terbatas. Namun, hal ini tidak masalah karena jangka waktunya lebih panjang. Apalagi untuk tabungan hari tua.

Jenis investasi jangka panjang biasanya akan direkomendasikan saham. Namun, tidak semua orang siap dengan resiko yang ada di saham.

Jenis Investasi Untuk Anak Muda

Untuk itu Jenis Investasi Untuk Anak Muda adalah investasi dengan compound interest. Mungkin ini juga jenis investasi yang cocok untuk mahasiswa.

Apa investasi compound interest?

apa investasi compound interest

Compoun interest jika dari bahasa mungkin artinya bunga yang berbunga. Sederhananya imbal hasil yang kita dapatkan bisa menjadi modal tambahan. Sehingga dengan tambahan modal tersebut bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi.

Contoh Investasi Compound Interest

Contoh Investasi Compound Interest

Reksdana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang paling umum. Kemudahan dan rendahnya biaya membuat reksadana diminati.

Selain itu, reksadana adalah salah satu contoh investasi compound interest. Karena imbal hasil yang diberikan setiap hari bursa.

Berikut contoh hitungan mudahnya compound interest reksadana. Misalnya menggunakan reksdana pasar uang dengan imbal hasil harian 0.01%

Investasi hari 1 : Modal Rp 1.000.000 + imbal hasil Rp 100. Total Rp 1.000.100

Hari 2 : Modal Rp 1.000.100 + imbal hasil Rp Rp 100,1 Total : Rp Rp 1.000.200.1

Hari 3 : Modal Rp 1.000.200,1 + imbal hasil Rp 100,02. Total Rp 1.000.300,12

Modalnya akan bertambah secara terus menerus. Sehingga kedepannya imbal hasil yang diberikan semakin tinggi.

BACA JUGA : 6 Kelebihan Reksa Dana Pasar Uang. Banyak Untungnya loh!

Deposito

Contoh investasi compound interest selanjutnya adalah deposito. Deposito sekarang ini imbal hasilnya cukup kecil. Namun, masih cocok untuk sobat yang masih belajar dalam investasi.

Selain mudah, tapi investasi di deposito bank memiliki resiko yang rendah. Namun, deposito juga bisa untuk investasi dengan compound interest. Lalu bagaimana caranya?

Cara compound interes dengan deposito adalah dengan memilih sistem Auto Roll Over. Jadi setiap imbal hasil yang didapatkan dimasukan otomatis ke dalam deposito. Kemudian juga otomatis diperpanjang setiap jangka waktu yang diterapkan.

Sobat bebas memilih jangka waktunya. Boleh 1, 3, 6 ataupun 12 bulan. Untuk simulasi contoh investasi compound interest akan kita coba dengan siklus satu bulan. Dengan imbal hasil 2% per tahun.

Bulan 1. Modal Rp 8.000.000 + imbal hasil Rp 12.800. Total Rp 8.012.800

Bulan 2. Modal Rp 8.012.800 + imbal hasil Rp Rp 12.820. Total Rp  8.025.620

Saham

Investasi Compound Interest Saham

Investasi dengan compound interest dan jenis investasi jangka panjang adalah saham. Saham memang salah satu instrumen yang memiliki imbal hasil tinggi.

Namun, sobat juga harus siap menerima resikonya yang tinggi juga. Perlu belajar secara terus menerus agar dapat memilih saham yang tepat.

Berikut adalah contoh investasi compound interest dengan saham. Perhitungan ini saya ambil dari akseleran.

Investasi $100 per bulan sebanyak tahun Uang yang ditabung selama tahun tersebut Total akhir yang diperoleh 
$3.600  $3.859 
$6.000  $6.902 
10  $12.000  $16.581 
15  $18.000  $30.157 
20  $24.000  $49.198 

Instrumen dengan investasi dengan compound interest sangat cocok untuk jangka panjang. Hal yang paling penting adalah konsisten. Sobat hanya perlu menabung secara rutin dan dipisahkan dengan investasi untuk jangka pendek.

Tujuannya agar investasi yang dilakukan tidak ditarik. Sehingga nilai ivestasinya untuk masa depan menjadi lebih besar.

Sobat juga perlu mengubah mindset bahwa investasi adalah cara untuk menjadi kaca secara mendadak. Namun, dilakukan secara jangka panjang dan konsisten.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah tidak ada yang pasti.  Imbal hasil yang diberikan juga bisa naik dan turun. Tergantung dari kondisi pasar dan dunia.

So itulah Jenis investasi untuk anak muda. Mungkin juga bisa jadi referensi jenis investasi yang cocok untuk mahasiswa.

Melalui investasi dengan compound interest. Tujuan investasi jangka panjang menjadi lebih ringan – MonoGenez.com – Jenis Investasi Untuk Anak Muda

Artikel terbaru :

Share:

Tinggalkan Balasan