4 Kelebihan dan Kekurangan Wireless Charger

MonoGenez.com – Pengisian daya pada smartpohne tidak bisa lepas pada keseharian kita. Untuk mengisi daya ada beberapa metode. Kali ini akan kita bahas apa kelebihan wireless charger? Tidak lupa beserta kekurangan wireless charger.

Charge daya smarphone biasanya menggunakan kabel. Namun, semakin majunya teknologi. Kita dapat mengisi daya tanpa kabel. Biasa kita kenal dengan teknologi wireless charging.

Memang belum semua perangkat smartphone sudah mendukung wireless charging. Biasanya diberikan pada smartphone kelas menengah atas. Lalu apa saja keunggulan wireless charger? Apakah ada kekurangan wireless charging? Kita bahas bersama

Kelebihan dan Kekurangan Wireless Charger

Kelebihan Wireless Charging

Kelebihan Wireless Charging

Praktis

Kelebihan wireless charger yang pertama adalah praktis. Saat kita henda mengisi daya smartphone. Kita tidak perlu mencolok kabel ke hp. Cukup letakkan saja pada alas charger wirelessnya. Maka otomatis pengisian daya dapat dilakukan.

Port Charger Awet

Keunggulan wireless charger selanjutnya. Karena kita tidak mencolok kabel usb ke smartphone. Bisa membuat port charger menjadi lebih awet.

Karena proses cabut dan pasang bisa mengurangi kesehatan port charger. Lama kelamaan bisa merusak dari port charger itu sendiri.

Kerusakan yang ringan biasanya charger mulai longgar. Namun, jika sudah parah bisa membuat daya tidak masuk. Sehingga kita tidak bisa mengisi daya smartphone kita.

Tidak Perlu Banyak USB

Kelebihan Wireless Charging lainnya tidak perlu banyak usb. Seperti yang kita tahu, jenis usb pada smartphone ada banyak. Mulai dari type C, lightning dan juga micro USB.

Dengan menggunakan Wireless Charging sobat tidak perlu banyak kabel. Selama smartphone-smartphone yang sobat gunakan sudah support. Maka cukup satu perangkat saja untuk mengisi berbagai jenis hp sobat.

Pengisian Cepat

Kelebihan Wireless Charging selanjutnya adalah pengisian dayanya cepat. Tidak seperti awal-awal keluarnya charger wireless. Sekarang charger jenis ini juga sudah sama cepatnya dengan charger biasa.

Sudah banyak charger yang support pengisian daya 15 watt ke atas. Sehingga dari kecepatan pengisian dayanya. Tidak akan jauh berbeda dengan metode konvensional.

Karena semakin canggihnya charger wireless. Sekarang juga sudah mendukung quick charger ataupun power delivery. Pengisian daya bisa lebih cepat tapi tetap aman untuk perangkat smartphone kita.

BACA JUGA :

Kekurangan Wireless Charger

Kekurangan Wireless Charger

Setiap teknologi tidak ada yang sempurna. Pengisian tanpa kabel juga ada kurangnya. Lalu apa saja Kekurangan Wireless Charger?

Mahal

Kekurangan wireless charging yang pertama adalah mahal. Jika dibandingkan dengan metode pengisian kabel dengan output yang sama. Maka bisa saja charger wireless akan lebih mahal.

Misalnya saja pada wireless charger Baseus 15 watt. Dibanderol dengan harga 170 ribuan. Sedangkan untuk sub charger Baseus 20 watt hanya dibanderol Rp 80 ribu saja.

Tidak Bisa Transfer Data

Kekurangan Wireless Charger lainnya adalah tidak multifungsi. Jika kabel USB dapat digunakan untuk mengisi daya. Juga bisa digunakan sebagai transfer data ke komputer.

Nah, perangkat wireless charging. Hanya dapat digunaka sebagai pengisi daya saja. Tidak dapat difungsikan sebagai transfer data.

Tidak Bisa Menggunakan HP

Kekurangan wireless charging selanjutnya. Sobat tidak bisa menggunakan hp selama pengisian. Meskipun perangkan charger wireless sobat sudah magnetic. Namun tetap saja tidak nyaman saat digenggam.

Tapi disisi lain, menggunakan HP saat dicharge juga tidak direkomendasikan. Karena dapat membuat smartphone lebih panas. Juga pengisian dayanya tidak bisa maksimal.

So itulah kelebihan dan kekurangan wireless charger. Jika sobat tertarik untuk mulai menggunakan perangkat ini. Sudah saya sediakan link pembeliannya via Shopee.

Sobat bisa pilih merek ataupun produk yang sesuai dengan sobat. Baik itu secarar harga ataupun spesifikasi produknya.

BELI Charger Wireless di Shopee [KLIK]

Baca artikel terbaru :

Share:

Tinggalkan Balasan