4 Penyebab Laptop Lemot Yang Paling Sering Ditemui

RPMSuper.com РLaptop sudah menjadi perangkat penting untuk kita. Tidak hanya untuk sekedar hiburan. Tapi juga kita gunakan untuk hal-hal yang produktif. Kali ini akan kita bahas 4 Hal Penyebab Laptop Lemot yang paling sering kita temui.

Laptop lemot memang terkadang menguji kesabaran kita. Apalagi kita laptop sudah agak lama. Belum lagi yang memiliki spesifikasi pas-pasan. Membuat kita bisa menambang pahala. Karena banyak istigfar akibat lemotnya laptop kita.

Faktor penyebab laptop lemot sebenarnya ada sangat banyak. Tapi kali ini akan kita bahas. Pada hal-hal yang paling sering terjadi. Beserta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Laptop Lemot

Hardisk Penuh/ Rusak

kenapa laptop lemot banget

Apa penyebab laptop lemot? Biasanya bisa disebabkan karena storage laptop. Apalagi pada laptop yang masih mengandalkan hardisk sebagai tempat instal aplikasi.

Hardsik bisa menjadi alasan kenapa laptop lemot banget. Namun permasalahn hardisk ini dibagi menjadi dua.

Masalah hardisk yang pertama adalah penyimpanan penuh. Terutama pada HDD – C yang penuh. Dapat mengakibatkan laptop lemot.

Salah satu cara mengatasinya adalah memindah file ke penyimpanan lainnya. Bisa juga dengan meng-unintsall aplikasi yang jarang digunakan.

Penyebab laptop lambat sekali adalah hardisk yang mulai rusak. Bagaimana cara mengetahui tingkat kesehatan hardisk?

Sobat bisa meng-install aplikasi seperti Hardisk Sentinel. Dalam aplikasi tersebut akan diketahui tingkat kesehatan dan performa dari HDD sobat.

Jika sudah di bawah 75% maka wajar laptop menjadi lemot. Untuk itu ada baiknya mengganti HDD dan diback up ke storage baru.

Jangan menunggu sampai HDD benar-benar rusak. Karena bisa saja file-file sobat hilang dan tidak bisa dipindahkan.

Jika sobat ada budget lebih. Ada baiknya langsung upgrade dengan menggunakan SSD saja. Dengan jenis soket yang sama.

Kecepatan SSD biasanya 10x lebih cepat daripada hardisk.

BACA JUGA :

Laptop Kotor

laptop lambat sekali

Penyebab Laptop Lemot selanjutnya adalah laptop yang kotor. Seiring pengguanaan laptop akan kotor. Biasanya ada banyak debu yang masuk ke dalam laptop.

Sehingga sirkulasi udara pada laptop tidak bisa maksimal. Sehingga laptop menjadi overheat atau terlalu panas.

Ini juga yang menjadi faktor laptop lemot. Efek laptop overheat yang pertama laptop menjadi lambat.

Jika tetap dipaksakan lama kelamaan laptop akan mati sendiri.

Tentu saja hal ini perlu dihindari. Karena dapat merembet merusak ke komponen lainnya pada laptop.

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop yang kotor? Tentu saja dibersihkan secara berkala. Setidaknya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Paling lama dibersihkan setiap 6 bulan sekali.

Apalagi kalau sobat suka menggunakan di atas kasur atau bantal. Yang mana kedua benda tersebut terdapat debu. Juga membuat sirkulasi laptop tidak maksimal.

Saat membersihkan laptop juga jangan lupa mengecek pastanya. Apakah termal pasta pada CPU masih bagus ataupun sudah kering.

Jadi jangan lupa menjaga kebersihan dari laptop yang sob!

Beli Thermal Paste Laptop di Shopee [KLIK]

Virus/ Mallware

penyebab laptop lambat

Penyebab Laptop Lemot selanjutnya adalah virus. Virus ini biasanya masuk dari aplikasi yang di-download secara ilegal. Aplikasi tersebut sudah disusupi beragam virus. Sehingga membuat laptop menjadi lambat.

Gejala laptop yang terkena virus adalah CPU usage tinggi. Padahal hanya menggunakan beberapa aplikasi saja. Bahkan untuk sekeda stand by saja, CPU usage bisa mencapai 100%.

Solusinya adalah menggunakan antivirus yang power full. Biasanya yang membuat kenapa laptop lemot banget adalah Mallware.

Ada cukup banyak pilihan antivirus gratis tapi bagus. Namun jangan lupa mengunduh di tempat resminya.

Sebenarnya windows juga sudah memberikan antivirus bawaan. Yang bernama Windows Defender. Sobat bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Namun kalau sudah parah. Sehingga masalah laptop tidak teratas. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan instal ulang.

Driver Tidak Update

Penyebab Laptop Lemot yang terakhir adalah driver yang tidak up to date. Sehingga kurang maksimal dalam menjalankan aplikasi keluaran terbaru.

Apalagi jika laptop sobat keluaran lama. Mungkin membutuhkan banyak update pada driver. Mulai dari display, sound dan lain sebagainya.

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu sobat untuk mendapatk driver terbaru. Namun, untuk aplikasi yang gratis. Biasanya hanya terbatas pada beberapa aplikasi saja.

Namun, sobat bisa melakukan update driver secara mandiri. Cukup cari driver yang kurang update di internet.

Biasanya ada banyak website resmi yang menyediakan driver laptop terbaru.

So itulah 4 Penyebab Laptop Lemot. Semoga dapat membantu untuk sobat yang mencari Apa penyebab laptop lemot. Ataupun mencari kenapa laptop lemot banget. Semoga dapat membantu.

Simak artikel terbaru :

Share:

Tinggalkan Balasan