Apa Perbedaan Menabung dan Investasi. Simak 3 Poin Ini

MonoGenez.com – Manajemen keuangan menyangkut banyak aspek. Salah satunya bagaimana untuk menyisihkan uang untuk perencanaan masa depan. Pada kali ini akan kita bahas Apa Perbedaan Menabung dan Investasi?

Mungkin beberapa orang masih bingung dengan dua hal ini. Keduanya sama-sama membutuhkan alokasi dari kelebihan dana. Lalu apa beda investasi dan menabung?

Apa Perbedaan Menabung dan Investasi?

Jangka Waktu Tujuan

beda investasi dan menabung

Perbedaannya adalah terletak pada tujuannya. Menabung cendrung untuk tujuan atau goal jangka pendek. Misalnya untuk berlibur, membeli barang yang diinginkan.

Sedangkan investasi adalah untuk tujuan jangka panjang. Misalnya untuk menyiapkan dana pensiun. Bisa juga untuk menyiapkan uang sekolah anak di masa depan.

Tujuan Dilakukannya

Beda investasi dan menabung lainnya adalah manfaatnya. Ketika sobat menabung akan menyisihkan uang untuk digunakan di masa depan. Sehingga saat uang sudah terkumpul. Sudah siap dan dapat digunakan.

Sedangkan ketika Anda berinvestasi. Sobat akan menggunakan uang untuk mencoba mendapatkan keuntungan.

BACA JUGA :

Manajemen Resiko

perbedaan antara menabung dan investasi?

Perbedaan Menabung dan Investasi selanjutnya adalah manajemen resiko. Menabung seringkali dilakukan dengan cara yang berisiko rendah. Misalnya memasukkan uang ke dalam rekening tabungan di bank.

Tujuan menabung adalah untuk memiliki uang yang tersedia saat Anda membutuhkannya. Seperti saat digunakan sebagi dana darurat. Nilai uang yang sudah dikumpulkan tidak beresiko berkurang.

Investasi dilakukan dengan tujuan mendapatkan laba atas investasi sobat. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti membeli saham, obligasi, atau reksa dana.

Dengan berinvestasi, selalu ada risiko. Dimana sobat bisa kehilangan uang, tetapi ada juga potensi untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi. Daripada yang sobat dapatkan dari menabung saja.

Investasi yang sukses membutuhkan kombinasi perencanaan dan disiplin.

Perencanaan memerlukan waktu untuk memikirkan semua faktor. Guna untuk mengembangkan rencana investasi.

Ini termasuk menetapkan tujuan, memahami alokasi aset, dan terus memantau investasi Anda dari waktu ke waktu.

Disiplin mengacu pada menjaga fluktuasi pasar dalam perspektif. Memperhatikan potensi dampak risiko. Juga secara teratur menyeimbangkan kembali portofolio sobat.

Selain itu, penting untuk hidup sesuai kemampuan sobat. Kemudian memutuskan berapa banyak yang akan Anda sisihkan untuk berinvestasi. Sebelum Anda mulai menyusun rencana Anda.

So itulah apa saja perbedaan menabung dan investasi. Jika kita simpulkan beda investasi dan menabung adalah pada tujuan dan jangka waktunya.

Menabung untuk jangka pendek dengan resiko yang rendah. Sedangkan investasi untuk mendapatkan keuntungan di jangka panjang. Dengan mengambil resiko yang lebih tinggi. – MonoGenez.com

Artikel terbaru :

Share:

Tinggalkan Balasan