Kelebihan dan Kekurangan COD Tanpa Marketplace Bagi Penjual

MonoGenez.com РBelanja online sekarang semakin digemari. Selain kemudahan yang ditawarkan. Tapi juga harga-harga yang lebih bersaing daripada toko offiline. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas Kekurangan COD Tanpa Marketplace. Juga Kelebihan jualan cod tanpa marketplace.

Apa itu Pembayaran COD?

COD sendiri adalah singkatan dari Cash On Delivery. Di mana proses pembayaran dilakukan saat barang dikirim. Jika di Indonesia dikenal dengan istilah bayar di tempat.

Metode pembayaran bayar di tempat sekarang ini sangat populer. Alasan utamanya adalah karena keamanan yang ditawarkan. Jadi pembeli tidak takut ditipu oleh penjual. Karena bisa membayar setelah membayar barang oleh kurir.

Nah, sekarang sudah cukup banyak aplikasi cod tanpa marketplace. Biasanya digunakan untuk penjual yang aktif di sosial media. Misalnya facebook, instagram dan lainnya.

COD atau bayar di tempat tanpa marketplace bisa menjadi strategi. Sebab, jika jualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Harus bersaing dengan toko yang lebih besar. Yang biasanya berani memberikan harga yang lebih murah.

Kelebihan Jualan COD Tanpa Marketplace

Kelebihan Jualan COD Tanpa Marketplace

Reputasi Penjual

Kelebihan jualan COD Tanpa Marketplace adalah reputasi penjualan. Dengan mengaktifkan metode pembayaran di tempat. Akan meningkatkan reputasi toko menjadi lebih tercepaya.

Sebab, kebanyakan penjual yang nakal tidak mau menerima metode ini. Jadi dari sisi pembeli juga merasa lebih aman dengan metode pembayaran ini.

Meningkatkan Penjualan

Kelebihan jualan COD Tanpa Marketplace yang selanjutnya adalah penjualan. Dengan pembeli yang merasa kepada kita. Maka angka penjualan juga bisa meningkat.

Kirim paket cod tanpa marketplace juga sedang menjadi favorite. Bahkan Shopee dan Tokopedia juga sedang menggaungkan metode ini.

Tidak hanya aman, tetapi pembayaran cod tanpa marketplace juga lebih fleksibel. Sebab, belum semua orang memiliki rekening bank atau e banking. Apalagi jika malas untuk keluar rumah untuk melakukan pembayaran lain. Seperti indomaret, alfamart dan lainnya.

Dengan kemudahan ini, pembeli juga dapat merasakan kepraktisannya.

Murah Bahkan Gratis

Kelebihan jualan cod tanpa marketplace adalah pada biayanya. Ada beberapa aplikasi cod tanpa marketplace yang mengenai biaya bulanan. Mulai dari 50 ribuan per bulan.

Namun, ada juga aplikasi cod tanpa marketplace yang menawarkan bebas biaya. Bahkan juga terdapat beragam promo. Mulai dari potongan biaya kirim, dan juga promo lainnya.

Pencairan Cepat

Kelebihan jualan cod tanpa marketplace selanjutnya. Proses withdraw atau pencairan relatif cepat daripada di marketplace. Sebab, saat kita berjualan di marketplace. Kita harus menunggu pembeli mengkonfirmasi menerima barang melalui aplikasi. Jika pembeli tidak konfirmasi maka membutuhkan waktu 2-3 hari untuk konfirmasi pesanan secara otomatis.

Sekarang penyedia aplikasi cod tanpa marketplace sudah lebih fleksbel. Jika sebelumnya dibayarkan tiap H+7 saat barang diterima. Sekarang hanya dibutuhkan 24 jam saja setelah barang diterima. Pesanan otomatis akan selesai tanpa harus menunggu konfirmasi dari pembeli.

Jadi cashflow atau perputaran uangnya tidak terganggu. Selain itu, proses pencairan ke rekening bank juga cepat. Jika dilakukan di jam kerja hanya hitungan menit sudah bisa diterima.

Artikel terbaru :

Kekurangan COD Tanpa Marketplace

Kekurangan COD Tanpa Marketplace untuk penjual

Pembeli Nakal

Kirim paket cod tanpa marketplace tidak selamanya indah. Ada beberapa poin yang menjadi Kekurangan COD Tanpa Marketplace untuk penjual. Yang pertama dan utama adalah pembeli yang nakal.

Dengan amannya sistem pembayaran. Tidak serta merta menimbulkan pembeli yang nakal atau iseng. Saya sendiri sudah menjumpai beberapa orang yang dengan sengaja menolak pembayaran.

Alasannya jua sangat beragam. Namun, yang bisa saya simpulkan adalah hanya iseng saja.Mulai dari awal tidak punya uang untuk pembelian barang. Ada juga yang tanpa alasan jelas. Bahkan saat dihubungi penjual dan kurir dengan mudahnya blok semua kontaknya.

Biaya Retur

Kekurangan COD Tanpa Marketplace untuk penjual selanjutnya adalah biaya retur. Masih bersambung dengan pembahasan di atas. Dengan menolak pembeli saat barang dikirim. Otomatis barang akan dikembalikan ke penjual. Jika kirim paket cod di marketplace. Biaya retur biasanya akan ditanggung oleh penyedia aplikasinya.

Sedangkan untuk aplikasi cod tanpa marketplace. Kita harus menanggung biaya returnya. Tidak tanggung-tanggung, kita harus membayar 2x ongkos kirim. Biaya dari alamat kita ke penerima. Kemudian juga biaya krim kembali ke alamat kita.

Misalnya pengiriman J&T yang menerapkan peraturan ini. Namun, masih ada beberapa ekspedisi yang berusaha mengurangi biaya returnya. Sehingga tidak terlalu memberatkan penjual. Namun, semuanya kompak mengharuskan kita membayar biaya kirim ke penerima.

Selain rugi dari sisi waktu karena paket dikirim dua kali dan biaya paking. Jualan cod tanpa marketplace juga dihadapkan resiko yang satu ini.

Barang Rusak

resiko jualan cod tanpa marketplace

Kekurangan COD Tanpa Marketplace untuk penjual yang selanjutnya adalah barang rusak. Selain harus menanggung 2x ongkir. Penjual juga dihadapkan dengan rusaknya barang.

Dengan mengirim barang ke penerima. Sudah ada resiko barang akan rusak saat diterima. Apalagi jika paket dikirimkan dua kali. Saat paket dilakukan retur, resiko barang rusak juga akan semakin tinggi.

Maka dari itu, sebagai seller harus melakukan paking secara maksimal. Tidak hanya untuk memuaskan customer saja. Tapi juga untuk menjaga keamanan barang saat terjadi retur.

Biaya COD

Pada aplikasi cod tanpa marketplace. Biasanya akan dikenakan biaya penanganan. Biaya penanganan COD cukup bervariasi. Tergantung dari aplikasi dan ekspekdisi yang digunakan.

Biasnya kirim paket cod tanpa marketplace dikenakan biaya 2-3%. Ada yang mengenakan dari harga barang. Namun, adapula yang mengenakan biaya dari total pesanan. Jadi harga barang tambah ongkir, kemudian dikalikan biayanya.

Jualan COD Tanpa Marketplace Menguntungkan?

Setelah kita melihat apa saja Kelebihan Jualan COD Tanpa Marketplace. Juga apa saja Kekurangan COD Tanpa Marketplace. Kita dari sisi penjual malah memiliki resiko yang lebih besar.

Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan target pasar yang tepat. Memang tidak akan mungkin kirim paket cod tanpa marketplace akan 100% berhasil. Tapi kita bisa mengurangi resikonya. Tidak ada metode yang benar-benar aman bagi penjual maupun pembeli.

Jika sudah berhasil menentukan pasar yang tepat. Sobat bisa saja mendapatkan keuntungan yang meningkat. Sebab, angka penjualan bisa naik dengan signifikan.

Untuk artikel selanjutnya akan saya bahas apa saja aplikasi cod tanpa marketplace. Sekian untuk artikel ini. Semoga dapat bermanfaat

Share:

Tinggalkan Balasan